Rabu, 20 Januari 2010

Manfaat ASI Untuk Ibu dan Bayi

asi, manfaat asi, air susu ibu, ibu yang menyusui, cara menyusui, manfaat air susu ibuAsi adalah minuman yang sangat alami dan berkhasiat untuk kesehatan bayi. sebenarnya ASI bukan saja bermanfaat pada bayi, akan tetapi juga pada sang ibu yang sedang menyusui. Bayi sangat membutuhkanASI untuk nutrisi perkembangan dan kesehatan tubuhnya. Berikut manfaat ASI untuk sang bayi maupun sang ibu:

Manfaat ASI untuk Bayi
  1. Selain memberikan gizi lengkap secara alami, air susu ibumemberikan juga banyak keuntungan penting. Keseimbangan yang tepat antara protein, karbohidrat, lemak, dan mineral menyebabkan air susu ibu mudah dicerna, sehingga jarang sekali menimbulkan gangguan pencernaan seperti diare dan konstipasi misalnya.
  2. Bayi-bayi yang disusui jarang sekali mengalami kelebihan berat badan. Kemungkinan menderita dehidrasi serta akibat-akibat lainnya. Jarang diantara mereka yang menderita alergi ataupun infeksi karena bakteri. ASI memberikan proteksi alamiah dengan cara mengalirkan antibodi penting dari ibu ke bayinya.
  3. Menyusui memberikan manfaat psikologis kepada bayi karena melalui menyusui ia merasakan kehangatan dan kedekatan fisik ibunya, menikmati suara dan wajah ibunya, sekaligus memuaskan kebutuhan untuk mengisap.
Manfaat ASI bagi Ibu

Sebagai seorang ibu menyusui, anda pun memperoleh manfaat dengan cara saling berbagi hubungan unik dan menyenangkan ini dengan bayi. Aktifitas mengisap sang bayi dapat mengatasi rasa tidak enak di payudara yang dipenuhi air susu. Menyusui juga membantu mengembalikan anda ke bentuk tubuh semula lebih cepat, sekaligus membantu uterus cepat menyusut ke ukuran normalnya.

Selain itu, menyusui adalah suatu cara memberi makan bayi yang menyenangkan dan ekonomis. Persediaan susu yang suhunya tepat dan selalu tersedia setiap kali bayi membutuhkannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...